Resume Ekonomi Manajerial 1212100017_Dian Ramadhan Waluyo
Ekonomi manejerial
Pada awalnya mejelaskan
tentang bagaimana dibentuknya ekonomi manjerial terssebut dan juga cara untuk
pengambilan keputusan dalam keadaan ketidak pastian, didalam pembahasaan ini kita
akan membahas beberapa hal seperti :
1. DEFINISI
DAN RUANG LINGKUP EKONOMI MANAJERIAL
Definisi : Ekonomi
manajerial berkaitan dengan penerapan prinsip dan metodologi ekonomi pada
proses pengambilan keputusan dalam sebuah Perusahaan atau organisasi. Tujuan ini
berhubungan dengan biaya, pendapatan, dan keuntungan dan penting dalam
institusi bisnis dan non bisnis.
Profit didefinisikan sebagai pendapatan terhadap biaya jika
selisihnya negative maka dianggap sebagai kerugian. Tujuan suatu perusahaan bisnisn biasanya akan memerlukan
maksimalisasi keuntungan dalam jangka waktu tertentu, yang mungkin bersifat
jangka panjang atau pendek tergantung pada Perusahaan dan keadaan.
Beberapa orang berpikir bahwa keuntungan adalah kata kotor,
menegoisasikan perolehan keuntungan dengan “Pencatatan”. Dalam aktivitas
ekonomi normal mencari keuntungan adalah aktivitas yang sangat terhormat. Persaingan
untuk mendapatkan keuntungan di antara Perusahaan – Perusahaan swasta mengarah
pada ketersediaan barang dan jasa berkualitas tinggi dengan harga yang wajar,
peningkatan produktivitas dan berlanjut pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan
masyarakat
Ruang lingkup ekonomi manajerial cukup luas dan mencakup apa
yang oleh Sebagian orang disebut akutansi, pemasaran, dan keuangan, ada
beberapa isu ekonomi yang penting bagi para manager di bidang masing – masing,
dan setiap keputusan yang diambil akan menjadi keputusan yang lebih baik jika
masalah ekonomi dipahami dengan jelas. Pengambilan keputusan di bidang peningkatan
pendapatan dan pengendalian biaya.
KEPASTIAN MELAWAN KETIDAK PASTIAN
Dalam
mikro ekonomi sederhana ekonom menggunakan model perilaku konsumen dan Perusahaan
yang mengansumsikan informasi lengkap atau kepastian, tentang bentuk dan lokasi
kurva permintaan, kurva biaya dan sebagainya. Artinya mereka berasumsi
mengetahui secara pasti berapa banyak yang akan diminta spada setiap harga dan
berapa biaya produksi pada tingkat output tersebut.
EKONOMI POSITIF VERSUS NORMATIF
Dalam
ilmu ekonomi perbedaan dibuat antara bidang – bidang yang “positif” dan bidanng
– bidang yang “normatif”. Ilmu ekonomi positif bersifat deskriptif menjelakan
bagaimana agen ekonomi atau system ekonomi memang beroprasi dalam perekonomian
atau di masyrakat, ilmu ekonomi normatif, sebaliknya bersifat preskriptif, ilmu
mengatur bagaimana system ekonomi harus beroperasi untuk mencapai tujuan yang
diinginkan.
PENGGUNAAN MODEL DALAM EKONOMI MANAJERIAL
Definis : model didefinisikan sebagai
representasi realitas yang di sederhanakan, model abstrak dari realitas dengan mengabaikan detail – detail kecil yang tidak
penting untuk tujuan yang ada, oleh karena itu berkonsentrasi pada ciri – ciri utama
dan keterkaitan yang ada diantara ciri – ciri tersebut tanpa mengaburkan
gambaran tersebut dengan rincian yang tidak penting.
Model
simbolik menggunakan kata kata dan simbol – simbol laim untuk mewakili realitas
dan mencakup ucapan deskriptif, diagram, dan ekspresi matematika.
TUJUAN
MODEL
·
DIGUNAKAN UNTUK TUJUAN PEDAGOGI
Perangkat yang berguna untuk mengajar individu
tentang pengoprasian sistem yang kompleks karena model ini memungkinkan
kompleksitas realitas diabstraksikan ke kerangka proporsi yang dapat di Kelola.
·
MODEL DIGUNAKAN UNTUK TUJUAN PENJELASAN
Memungkinkan
kita menghubungkan observasi objek dan kejadian selanjutnya dengan cara yang
logis. Hubungan antara objek dan peristiwa dapat diuji keaslinya dengan mengacu
pada situasi dunia nyata.
·
MODEL DIGUNAKAN UNRUK TUJUAN PREDIKSI
Nilai prediktif suatu
model biasanya didasarkan pada kemampuan model tersebut untuk menjelaskan
perilaku masa lalu suatu system dan model tersebut menggunakan hubungan masa
lalu untuk memprediksi perilaku masa depan. model ini akan menjadi predictor yang
baik selama hubungannya yang di wakilinya konsisten
BAGAIMANA KITA MENGEVALUASI MODEL
Suatu
model harus dievaluasi dengan pertimbangan tujuannya. Jika suatu model yang dimaksud
untuk tujuan pedagogi, maka model tersebut harus dievaluasi berdasarkan hal
ini.
Model
yang di rancang untuk tujuan penjelasan harus dievaluasi berdasarkan seberapa
baik model tersebut menjelaskan realitas. Jika observasi yang dihasilkan berbeda
dengan model yang dimakasudkan untuk menjelaskan rangkaian peristiwa, model
terbaik yang paling akurat menggambarkan variabel – variabel penting dan
hubungan antara dan di antara varibel variable tersebut
2. ANALISIS
NILAI SAAT INI DAN HORIZON WAKTU PERUSAHAAN
Banyak keputusan yang melibatkan
aliran pendapatan melampaui periode sekarang dan memilih antara atau di antara
berbagai alternatif. Penting untuk membedakan antara pendapatan yang di terima
segera dan pendapatan yang di terima di kemudian hari.
Sumber : Managerial Economics Analysis and Strategy, Evan J. Douglas
Komentar
Posting Komentar