Resume Ekonomi Manajerial 1212100017_Dian Ramadhan Waluyo

 

Ekonomi manejerial

Pada awalnya mejelaskan tentang bagaimana dibentuknya ekonomi manjerial terssebut dan juga cara untuk pengambilan keputusan dalam keadaan ketidak pastian, didalam pembahasaan ini kita akan membahas beberapa hal seperti :

1.      DEFINISI DAN RUANG LINGKUP EKONOMI MANAJERIAL

Definisi : Ekonomi manajerial berkaitan dengan penerapan prinsip dan metodologi ekonomi pada proses pengambilan keputusan dalam sebuah Perusahaan atau organisasi. Tujuan ini berhubungan dengan biaya, pendapatan, dan keuntungan dan penting dalam institusi bisnis dan non bisnis.

      Profit didefinisikan sebagai pendapatan terhadap biaya jika selisihnya negative maka dianggap sebagai kerugian. Tujuan suatu  perusahaan bisnisn biasanya akan memerlukan maksimalisasi keuntungan dalam jangka waktu tertentu, yang mungkin bersifat jangka panjang atau pendek tergantung pada Perusahaan dan keadaan.

      Beberapa orang berpikir bahwa keuntungan adalah kata kotor, menegoisasikan perolehan keuntungan dengan “Pencatatan”. Dalam aktivitas ekonomi normal mencari keuntungan adalah aktivitas yang sangat terhormat. Persaingan untuk mendapatkan keuntungan di antara Perusahaan – Perusahaan swasta mengarah pada ketersediaan barang dan jasa berkualitas tinggi dengan harga yang wajar, peningkatan produktivitas dan berlanjut pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat

      Ruang lingkup ekonomi manajerial cukup luas dan mencakup apa yang oleh Sebagian orang disebut akutansi, pemasaran, dan keuangan, ada beberapa isu ekonomi yang penting bagi para manager di bidang masing – masing, dan setiap keputusan yang diambil akan menjadi keputusan yang lebih baik jika masalah ekonomi dipahami dengan jelas. Pengambilan keputusan di bidang peningkatan pendapatan dan pengendalian biaya.

KEPASTIAN MELAWAN KETIDAK PASTIAN

            Dalam mikro ekonomi sederhana ekonom menggunakan model perilaku konsumen dan Perusahaan yang mengansumsikan informasi lengkap atau kepastian, tentang bentuk dan lokasi kurva permintaan, kurva biaya dan sebagainya. Artinya mereka berasumsi mengetahui secara pasti berapa banyak yang akan diminta spada setiap harga dan berapa biaya produksi pada tingkat output tersebut.

EKONOMI POSITIF VERSUS NORMATIF

            Dalam ilmu ekonomi perbedaan dibuat antara bidang – bidang yang “positif” dan bidanng – bidang yang “normatif”. Ilmu ekonomi positif bersifat deskriptif menjelakan bagaimana agen ekonomi atau system ekonomi memang beroprasi dalam perekonomian atau di masyrakat, ilmu ekonomi normatif, sebaliknya bersifat preskriptif, ilmu mengatur bagaimana system ekonomi harus beroperasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

PENGGUNAAN MODEL DALAM EKONOMI MANAJERIAL

             Definis : model didefinisikan sebagai representasi realitas yang di sederhanakan, model abstrak dari realitas dengan  mengabaikan detail – detail kecil yang tidak penting untuk tujuan yang ada, oleh karena itu berkonsentrasi pada ciri – ciri utama dan keterkaitan yang ada diantara ciri – ciri tersebut tanpa mengaburkan gambaran tersebut dengan rincian yang tidak penting.

            Model simbolik menggunakan kata kata dan simbol – simbol laim untuk mewakili realitas dan mencakup ucapan deskriptif, diagram, dan ekspresi matematika.

 TUJUAN MODEL

·         DIGUNAKAN UNTUK TUJUAN PEDAGOGI

Perangkat yang berguna untuk mengajar individu tentang pengoprasian sistem yang kompleks karena model ini memungkinkan kompleksitas realitas diabstraksikan ke kerangka proporsi yang dapat di Kelola.

·         MODEL DIGUNAKAN UNTUK TUJUAN PENJELASAN

Memungkinkan kita menghubungkan observasi objek dan kejadian selanjutnya dengan cara yang logis. Hubungan antara objek dan peristiwa dapat diuji keaslinya dengan mengacu pada situasi dunia nyata.

·         MODEL DIGUNAKAN UNRUK TUJUAN PREDIKSI

Nilai prediktif suatu model biasanya didasarkan pada kemampuan model tersebut untuk menjelaskan perilaku masa lalu suatu system dan model tersebut menggunakan hubungan masa lalu untuk memprediksi perilaku masa depan. model ini akan menjadi predictor yang baik selama hubungannya yang di wakilinya konsisten

BAGAIMANA KITA MENGEVALUASI MODEL

            Suatu model harus dievaluasi dengan pertimbangan tujuannya. Jika suatu model yang dimaksud untuk tujuan pedagogi, maka model tersebut harus dievaluasi berdasarkan hal ini.

            Model yang di rancang untuk tujuan penjelasan harus dievaluasi berdasarkan seberapa baik model tersebut menjelaskan realitas. Jika observasi yang dihasilkan berbeda dengan model yang dimakasudkan untuk menjelaskan rangkaian peristiwa, model terbaik yang paling akurat menggambarkan variabel – variabel penting dan hubungan antara dan di antara varibel variable tersebut

 

2.      ANALISIS NILAI SAAT INI DAN HORIZON WAKTU PERUSAHAAN

Banyak keputusan yang melibatkan aliran pendapatan melampaui periode sekarang dan memilih antara atau di antara berbagai alternatif. Penting untuk membedakan antara pendapatan yang di terima segera dan pendapatan yang di terima di kemudian hari.



Sumber : Managerial Economics Analysis and Strategy, Evan J. Douglas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESEP SAMBAL ALA VIDEO MUKBANG CHINA

STRATEGI KAMPANYE PEMASARAN HEWLETT-PACKARD (HP)